Anda
tidak perlu membongkar Stick PS untuk dapat menggunakannya sebagai
kontroler. Karena setelah diselidiki ternyata JoyStick ini menggunakan
komunikasi Serial (SPI).
Kali
ini saya mengajak anda untuk sedikit mengexplorasi bagaimana cara interfacing
Stick PS dengan menggunakan Mikrokontroler AVR. Pada bagian ini hanya akan
dibahas rancangan hardware-nya.
Yang
harus dipersiapkan :
- Stick PS (tidak harus baru, tapi harus masih berfungsi)
- Konektor Stick PS (Bisa dibeli di tempat service konsol PS)
- Rangkaian Mikrokontroler AVR yang berfungsi
Pertama-tama mari kita lihat PinOut
(susunan kabel / pin) dari JoyStick PS.
PSX PinOuts
Pin yang digunakan adalah :
- Kabel Cokelat (DAT) digunakan untuk transfer bit-bit data dari Stick ke uC (DAT).
- Kabel Oranye ( CMD) digunakan untuk transfer bit-bit perintah (Command) dari uC ke Stick (CMD).
- Kabel Hitam (GND) => Ground
- Kabel Merah (VCC) => Power untuk JoyStick. Jika yang digunakan adalah Stick asli Sony supply tegangan 3.3V. Jika yang digunakan adalah Stick biasa supply tegangan mulai dari 3.3 V – 5.0 V
- Kabel Kuning (ATT) => digunakan untuk memberitahu Stick apakah akan ditransfer data atau tidak. Jika diberi logika 1 (Satu) berarti idle, jika diberi logika 0 (Nol) berarti uC akan mentranser data.
- Kabel Biru (CLK) => digunakan untuk input clock dari uC yang dibutuhkan untuk transfer data.
Sekarang mari kita lihat bagaimana
cara menghubungkan pin-pin tersebut ke uC.
R220
Ohm yang digunakan pada rangkaian hanyalah sebagai pengaman saja, boleh juga
tidak dipakai. R 4K7 Ohm digunakan untuk Pull up data (wajib). Nah,
sekarang pertanyaannya : Haruskah konfigurasi pin seperti itu ???? Jawabannya
adalah IYA kecuali pin ATT (boleh pin I/O mana saja), karena kita akan
menggunakan library bawaan CodeVision AVR yaitu spi.h yang akan
kita bahas pada bagian selanjutnya.
Untuk
itu selesailah hardware untuk Interfacing JoyStick PlayStation.
Sampai
jumpa di bagian berikutnya.
Selamat
belajar ^o^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar