Jumat, 16 September 2011

Interfacing Joystick PlayStation (AVR) Bag 1 (Hardware)

PlayStation adalah salah satu konsol game yang sudah sangat memasyarakat. Sehingga kebanyakan dari kita tentunya sudah sangat lincah dalam menggunakan JoyStick nya. Dan ternyata Stick PS ini tidak hanya bisa digunakan untuk bermain game di konsol PS saja. Kita dapat menggunakannya sebagai kontroler untuk berbagai macam alat, dan tentu saja dengan bantuan Mikrokontroler (uC).
Anda tidak perlu membongkar Stick PS untuk dapat menggunakannya sebagai kontroler. Karena setelah diselidiki ternyata JoyStick  ini menggunakan komunikasi Serial (SPI).
Kali ini saya mengajak anda untuk sedikit mengexplorasi bagaimana cara interfacing Stick PS dengan menggunakan Mikrokontroler AVR. Pada bagian ini hanya akan dibahas rancangan hardware-nya.
Yang harus dipersiapkan :
  1. Stick PS (tidak harus baru, tapi harus masih berfungsi)
  2. Konektor Stick PS (Bisa dibeli di tempat service konsol PS)
  3. Rangkaian Mikrokontroler AVR yang berfungsi
Pertama-tama mari kita lihat PinOut (susunan kabel / pin) dari JoyStick PS.

PSX PinOuts
Pin yang digunakan adalah :
  1. Kabel Cokelat (DAT) digunakan untuk transfer bit-bit data dari Stick ke uC (DAT).
  2. Kabel Oranye ( CMD) digunakan untuk transfer bit-bit perintah (Command) dari uC ke Stick (CMD).
  3. Kabel Hitam (GND) => Ground
  4. Kabel Merah (VCC) => Power untuk JoyStick. Jika yang digunakan adalah Stick asli Sony supply tegangan 3.3V. Jika yang digunakan adalah Stick biasa supply tegangan mulai dari 3.3 V – 5.0 V
  5. Kabel Kuning (ATT) => digunakan untuk memberitahu Stick apakah akan ditransfer data atau tidak. Jika diberi logika 1 (Satu) berarti idle, jika diberi logika 0 (Nol) berarti uC akan mentranser data.
  6. Kabel Biru (CLK) => digunakan untuk input clock dari uC yang dibutuhkan untuk transfer data.
Sekarang mari kita lihat bagaimana cara menghubungkan pin-pin tersebut ke uC.

R220 Ohm yang digunakan pada rangkaian hanyalah sebagai pengaman saja, boleh juga tidak dipakai.  R 4K7 Ohm digunakan untuk Pull up data (wajib). Nah, sekarang pertanyaannya : Haruskah konfigurasi pin seperti itu ???? Jawabannya adalah IYA kecuali pin ATT (boleh pin I/O mana saja), karena kita akan menggunakan library bawaan CodeVision AVR yaitu spi.h yang akan kita bahas pada bagian selanjutnya.
Untuk itu selesailah hardware untuk Interfacing JoyStick PlayStation.

Sampai jumpa di bagian berikutnya.

Selamat belajar ^o^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar