Rabu, 16 Maret 2011

cara mudah membuat line follower

Line follower

          Sensor garis yang biasanya di gunakan pada Robot Line Follower, Ada banyak pilihan untuk sensor ini, Mulai dari yang paling sederhana menggunakan LDR, Phototransistor, Photodiode, sampai menggunakan Photoreflector.

          Pada artikel ini akan di batasi pembahasan sensor garis hanya yang dibuat dari LDR atau bisa di ganti dengan Photodiode.

           Prinsip kerja dari sensor ini cukup sederhana, Sensor yang digunakan dibuat dengan cara LED dan LDR dirangkai saling berpasangan. Sehingga jika cahaya LED mengenai objek terang maka cahaya LED akan di pantulkan mengenai LDR/Photodioda, sehingga LDR dapat meneruskan arus yang akhirnya dijadikan sebagai Output dari sensor tersebut.


Berikut adalah contoh rangkaian sederhana Sensor garis yang sudah pernah saya coba dan berfungsi dengan baik:
Rangkaian ini di rangkap sebanyak 4, 6, 8 (Sesuai kebutuhan) kemudian di pasang berderetan.

*Komparator

           Hasil Output dari sensor garis di atas masih berupa Analog signal, sehingga untuk lebih mudahnya kita memerlukan komparator yang berfungsi membandingkan tegangan keluaran sensor dengan tegangan referensi sehingga menghasilkan output digital. IC yang sering di gunakan sebagai komparator antara lain LM324, LM339 Dsb.
          Berikut contoh rangkaian Komparator sederhana menggunakan IC LM324:

             Output dari komparator, dihubungkan langsung ke PIN mikrokontroller untuk selanjutnya di proses sehingga menghasilkan pergerakan pada robot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar